Berhala Baru di Dunia Modern

Oleh: Hanif Syafei

NIM : 12104241026

Tahukah Anda bahwa masih ada berhala pada zaman sekarang ini? Memang bentuknya sudah berubah, tidak lagi seperti patung pada zaman Nabi. Berhala pada zaman sekarang berbentuk ‘Budaya Pop’. Budaya pop sendiri dapat berbentuk teknologi, pusat-pusat hedonisme, dan internet.

Sebenarnya, apa itu budaya pop? Menurut Ridho Al-Hamdi (2009:2) dalam bukunya yang berjudul “Berhala itu Bernama Budaya Pop”.

Budaya dapat dipahami sebagai suatu kebiasaan berupa praktik-praktik dalam keseharian dan sudah menjadi kebiasaan. Sedangkan istilah pop merupakan singkatan dari kata ‘popular’ yang arti sederhananya disukai oleh banyak orang. Karena itu, budaya pop secara sederhana bisa bermakna budaya yang disukai oleh banyak orang dan menyenangkan.

Apa saja sih bentuk-bentuk budaya pop masa kini? Seperti sudah disebutkan diatas, ada teknologi, yang berupa televisi dan handphone. Pusat hedonisme seperti mall dan kafe, serta internet yang didalamnya termasuk google.

Pembahasan pertama adalah tentang televisi. Televisi merupakan sebuah alat penangkap penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan vision yang berarti tampak. Jadi, televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh.

Televisi merupakan salah satu media yang dapt menyampaikan informasi secara cepat dan akurat. Televisi juga mempunyai dua fungsi pokok, yang pertama sebagai sumber informasi dan yang kedua sebagai sumber hiburan. Namun sepertinya fungsi yang kedua yang lebih mendominasi saat ini, semua siaran televisi berisi tentang hiburan (Ridho Al-Hamdi, 2009:23).

Hal ini berdampak pada anak-anak, misalnya anak menjadi malas belajar karena lebih suka untuk menonton televisi dan anak-anak sering menirukan adegan-adegan yang seharusnya tidak pantas disiarkan di televisi karena mengandung kekerasan. Selain itu, anak-anak muslim juga lebih mengutamakan menonton televisi daripada sholat atau mengaji. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan sering-sering menonton televisi dan pilih siaran-siaran yang bermanfaat.

Handphone atau biasa disingkat HP merupakan alat komunikasi yang praktis dan dapat dibawa kemana-mana. Fungsi utama HP adalah untuk berkomunikasi baik dengan cara telepon maupun SMS. Namun seiring berkembangnya teknologi, HP juga dapat digunakan untuk foto-foto, mendengarkan lagu, bahkan menonton televisi. Sekarang ini HP sudah menjadi salah satu dari kebutuhan pokok. Semua orang mempunyai HP mulai dari anak kecil hingga lansia, dari tukang becak sampai pengusaha.

Disamping fungsinya yang bermanfaat, ternyata HP juga membawa dapak negatif, misalnya kita menjadi pemboros karena harus membeli pulsa tiap minggunya, menghabiskan waktu kita berjam-jam untuk ber-sms ria hingga lupa makan, bahkan lupa sholat jua. Masa Allah.

Mall dan kafe merupakan pusat dimana anak-anak muda bisa berkumpul dan bersenang-senang, namun ternyata mall dan kafe dapat menimbulkan perilaku konsumerisme. Saat berjalan-jalan di mall misalnya, kita menjadi tertarik untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu jelas menfaatnya, pemborosan, uang terbuang sia-sia. Sesungguhnya orang boros itu temannya setan.

Internet sekarang ini sudah menjadi sebuah tren tersendiri, semua orang sudah dapat menggunakan internet. Internet sangat berguna jika dimanfaatkan secara benar, namun dapat juga memberi dampak yang buruk jika salah penggunannya, dengan kata lain internet dapat memberi kebenaran dan kesesatan.

Manfaat internet adalah memudahkan kita untuk mencari informasi, namun menurut Ridho Al-Hamdi (2009:26) internet juga dapat memberi dampak negatif, yakni: bisa menjadi candu dan lupa dengan dunia yang nyata, bisa lupa waktu karena saat bermain internet waktu berjalan cepat, mampu mengakses video, gambar, dan cerita yang mengandung unsur pornografi, membuat kita menjadi asosial, bisa memberi informasi yang menyesatkan, serta bisa dijadikan untuk ajang berjudi.

Google merupakan salah satu search engine yang paling banyak dipakai. Hanya dengan mengetik sebuah kata kunci atau key word kita dapat mendapatkan ratusan informasi terkait. Dapat dikatakan bahwa google bagaikan perpustakaan raksasa, dia dapat menjawab segala pertanyaan yang diajukan. Peran apapun dapat dia lakukan, menjadi ahli ilmu pengetahuan, agama, filsafat, sastra, sosial dan ahli-ahli lain. Karena itu, ketika seorang rasul/nabi memutuskan sesuatu harus menunggu bisikan langit, sedangkan kita cukup menunggu informasi dari google (Ridho Al-Hamdi, 2009:82).

Oleh karena itu, kita sebagai muslim yang baik harus bisa menyikapi perkembangan di zaman modern ini. Jangan terlalu mengagung-agungkan teknologi. Kita boleh mengikuti tren, tapi kita juga harus ingat kewajiban kita sebagai seorang muslim. O.K!

One response to “Berhala Baru di Dunia Modern

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s