Kerajinan Kain Flanel Untuk Ibu Rumah Tangga

Oleh : Pangestu Tri Wulan Ndari

NIM : 12104241012

Berdasarkan hasil pengamatan, kebanyakan ibu rumah tangga terkadang merasa bosan karena bila pekerjaan rutinitasnya seperti menjaga anak, memasak, membereskan rumah, mencuci dan menyetrika sudah selesai, mereka bingung harus mengisi waktu luang dengan kegiatan apa. Terlebih mereka juga jarang punya waktu untuk keluar rumah karena ada anak yang tidak bisa diabaikan, terlebih bila anak masih dalam usia kecil.

Lalu, apa solusi yang bagus untuk masalah ibu rumah tangga?

Mencoba menjalankan usaha rumahan dengan modal yang kecil seperti usaha kerajinan kain flanel ini, mungkin menjadi solusi yang bagus untuk ibu rumah tangga. Disamping bisa dijadikan kegiatan untuk mengusir kebosanan, lewat usaha yang dijalankan dari rumah, para ibu rumah tangga pun bisa mendapat tambahan penghasilan yang dapat digunakan untuk membantu suami dalam perekonomian rumah tangga.

Mengapa harus usaha kerajinan kain flanel?

Usaha kerajinan kain flanel merupakan usaha yang menguntungkan. Sebab  dengan modal yang kecil dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah. Harga bahan baku utamanya yaitu kain flanel sangat murah yaitu sekitar 2000 hingga 8000 untuk yang masih baru. Dapat  pula membeli dari  limbah pabrik yang harganya jauh lebih murah atau memanfaatkan kain-kain flanel bekas yang sudah tidak terpakai namun tentunya masih layak dipakai sehingga keuntungan yang diperoleh juga lebih banyak.

Selain itu, pembuatan kerajinan kain flanel juga sangat mudah. Dengan peralatan sederhana seperti gunting, lem, jarum, benang, kapur, pensil/spidol dan karton, kain flanel dapat dikreasiakan menjadi barang-barang yang menarik sesuai yang dinginkan. Harga jualnyapun disesuaikan dengan kerumitan pembuatannya. Semakin rumit pembuatannya, semakin mahal harga jualnya dan semakin unik bentuknya semakin mahal pula harganya.

Pemasaran kerajinan kain flanel ini dapat dilakukan melalui layanan internet dengan memasang iklan maupun promosi di internet , sehingga akan memberi kemudahan bagi konsumen yang ingin membeli atau ingin melihat secara langsung bentuk-bentuk kerajinannya tanpa harus datang ke produsen. Selain secara online, kerajinan ini dapat dipasarkan di berbagai pusat perbelanjaan seperti di mal, pasar maupun ditoko-toko asesoris.

Lalu, apa saja keuntungan usaha ini?

Usaha rumahan kerajinan kain flanel ini sangat banyak keuntungannya, selain  dapat meningkatkan dan mengembangkan kreativitas para ibu rumah tangga, usaha ini juga dapat menambah penghasilan keluarga sehingga kesejahteraan keluarga juga semakin meningkat. Selain itu sumber penghasilan dari usaha rumahan mempunyai potensi yang sangat besar dalam mendukung perekonomian, sebab sendi perekonomian juga dibangun dari bagian yang paling kecil seperti usaha rumahan. Karena itulah usaha rumahan ibu rumah tangga tidak hanya bermanfaat untuk tambahan penghasilan keluarga, tetapi juga memberikan manfaat untuk memperkuat sendi-sendi ekonomi perekonomian negara.

Setiap usaha selain memiliki keuntungan pasti juga memiliki ancaman maupun kelemahan termasuk usaha rumahan seperti usaha kerajinan kain flanel ini. Kelemahan mungkin terkait dengan modal, karena usaha kerajinan kain flanel merupakan usaha rumahan yang bermodal kecil sehingga akan mengalami kesulitan ketika ada pemesanan dalam jumlah besar. Namun hal ini mungkin dapat diatasi dengan cara memencari pinjaman dari lembaga-lembaga pengembangan masyarakat, sedangkan untuk ancaman mungkin terkait dengan daya saing. Karena dapat dilihat sendiri persaingan dalam era sekarang ini semakin panas-panasnya termasuk dalam hal-hal kecil seperti usaha rumahan apalagi jika ada usaha-usaha yang bergerak dalam bidang yang sama. Untuk itu perlu kreativitas yang tinggi dan ide-ide yang selalu baru agar mampu bersaing dengan yang lain.

Sumber :

file:/// bisnis-kreasi-kain-flanel-menjanjikan.html

file:/// usaha-rumahan-ibu-rumah-tangga-dengan-membuat-hiasan-flanel.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s