Sinyal Budaya dalam Perfilman

Oleh : Inas Syarafina

NIM : 12104241039

Keragaman budaya atau “cultural diversity” adalah keniscayaan yang ada di bumi Indonesia. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dalam konteks pemahaman masyarakat majemuk, selain kebudayaan kelompok sukubangsa, masyarakat Indonesia juga terdiri dari berbagai kebudayaan daerah bersifat kewilayahan yang merupakan pertemuan dari berbagai kebudayaan kelompok sukubangsa yang ada didaerah tersebut. Dengan jumlah penduduk 200 juta orang dimana mereka tinggal tersebar dipulau- pulau di Indonesia. Mereka juga mendiami dalam wilayah dengan kondisi geografis yang bervariasi. Mulai dari pegunungan, tepian hutan, pesisir, dataran rendah, pedesaan, hingga perkotaan. Hal ini juga berkaitan dengan tingkat peradaban kelompok-kelompok sukubangsa dan masyarakat di Indonesia yang berbeda. Pertemuan-pertemuan dengan kebudayaan luar juga mempengaruhi proses asimilasi kebudayaan yang ada di Indonesia sehingga menambah ragamnya jenis kebudayaan yang ada di Indonesia. Kemudian juga berkembang dan meluasnya agama-agama besar di Indonesia turut mendukung perkembangan kebudayaan Indonesia sehingga memcerminkan kebudayaan agama tertentu. Bisa dikatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat keaneragaman budaya atau tingkat heterogenitasnya yang tinggi. Tidak saja keanekaragaman budaya kelompok sukubangsa namun juga keanekaragaman budaya dalam konteks peradaban, tradsional hingga ke modern, dan kewilayahan.

Keadaan budaya Indonesia di negeri sendiri semakin tidak diketahui keberadaannya. Tidak banyak masyarakat yang tahu tentang kebudayaannya. Seolah-olah kita tidak peduli terhadap asset bangsa, yaitu budaya itu sendiri. Tapi setelah budaya-budaya kita di claim oleh Negara lain, seperti tarian-tarian bahkan sampai makanan pun. Masyarakat kita tidak rela budayanya di ambil Negara lain. Saat itulah kita baru tersadar betapa beharganya nilai budaya bangsa kita, betapa kayanya Negara Indonesia dengan keragaman budayanya.

Sebagai generasi penerus bangsa, ada baiknya kita mengenal dan memahami tentang budaya bangsa. Serta wajib untuk menjaga dan melestarikannya. Tentunya harus kita turnkan ke anak cucu kita nantinya, agar budaya tersebut tidak hilang dan terus diketahui oleh masyarakat. Banyak sekali media yang dapat digunakan untuk melstarikan keragaman budaya tersebut. Salah satunya yaitu film. Kita bisa menyematkan nilai-nilai budaya di dalamnya. Apalagi remaja zaman sekaranghobi sekali dengan menonton film. Disitulah ada celah untuk mengingatkan budaya-budaya yang sempat terlupakan agar nantinya dapat muncul kembali ke permukaan dan dapat diketahui oleh seluruh masyarakat.

Sayangnya perfilm-an Indonesia zaman sekarang jarang sekali yang menampakkan nilai-nilai budaya. Oleh karena itu kita sebagai warga Negara yang baik harusnya ikut andil dalam mengembangkan nilai-nilai budaya dalam perfilm-an di Indonesia, khususnya para produser dan sutradara yang lebih mengerti tentang dunia perfilm-an.

Penyebab pudarnya nial-nilai budaya dalam dunia perfilm-an diantaranya, karena mereka yang memproduksi film-film tersebut hanya memikirkan keuntungan bagi diri sendiri, hanya memikirkan komersialnya saja. Tidak memikirkan dampaknya bagi nasib bangsa ini kedepannya. Faktanya sekarang anak-anak sampai dewasa cenderung tidak menyukai film yang lebih banyak mengandung nilai budaya. Dapat diartikan bahwa kebudayaan memiliki nilai jual yang rendah dalam perfilm-an di Indonesia. Karena masyarakat lebih cenderung tertarik dan menyenangi film-film produksi luar negeri. Bahkan mereka lebih memperhatikan kebudayaan Negara-negara lain, seperti kebudayaan korea mulai dari music, drama, film hingga makanan sekalipun.

SUMBER:

http://jamalmal.blogspot.com/2011/03/keberagaman-budaya-indonesia-dalam.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s