Peran Media Sosial dalam Dunia Politik

Oleh : Maulana Taufikqurrohman

NIM : 12104241024

images

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.Media sosial merupakan salah satu media untuk bertukar informasi, dengan menggunakan media sosial jarak tidak menjadi masalah. Seiring berkembangnya kemajuan teknologi media sosial berkembang dengan pesat contohnya saja sekarang ini untuk mengakses twitter bisa dimana saja.

Pada tahun 1978 media sosial mulai berkembangnya, hal ini ditandai dengan adanya penemuan sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik, ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak, semua dilakukan masih menggunakan perangkat telepon yang terhubung dengan modem.

Pengguna media sosial saat ini tidak memandang usia tidak hanya orang dewasa yang menggunakan, banyak sekali anak remaja bahkan anak kecil yang sudah mahir dalam menggunakan media sosial. Kemudahan yang diberikan dalam penggunakan media sosial menarik banyak minat dari semua kalangan. Bandingkan saja dengan media tradisional yang membutuhkan modal besar untuk memilkinya, media sosial bisa diakses dengan mudah dan siapa saja bisa mengakses sendiri dimanapun dirinya mau.

Seiring mulai majunya perkembangan teknologi sehingga media sosial tumbuh dengan pesat, media sosial mulai digunakan dalam bidang politik. Pada saat ini bidang politik mulai transparan dan terbuka dibandingkan dekade lalu. Pada dasarnya memperoleh informasi dan kebebasan berkomunikasi merupakan hak asasi manusia yang tidak dapat diganggu gugat. Sekarang masyarakat dapat dengan bebas menyuarakan atau menulis apapun di berbagai media online berbasis jejaring sosial dan blog, dimana hal itu akan senantiasa dibaca serta diakses oleh semua orang. Media sosial kemudian menjelma menjadi salah satu instrumen kontrol terhadap pemerintahan yang berkuasa, dengan menggunakan fasilitas internet tentunya. Masih ingatkah kita dengan kasus Prita Mulyasari yang bisa berakhir dengan dukungan dari masyarakat melalui media sosial berbasis jejaring yaitu facebook, dan twitter. Selain itu pemerintah dapat mempengaruhi masyarakat agar mengikuti dan mendukung rencana pemerintah contohnya pembatasan subsidi BBM untuk sepeda motor. Dalam proses mempengaruhi akan timbul banyak pendapat yang muncul, media sosial bisa menjadi tempat berdialog tentang perbedaan pendapat. Media sosial bisa menjadi tempat menampung aspirasi bagi siapa saja yang ingin ikut membangun sistem politik. Pemerintah jadi mengetahui semua keinginan masyarakat sehingga rakyat merasa senang, dengan seperti itu pemerintahan akan berlangsung lama seperti yang dilakukan bapak SBY menggunakan twitternya. Masyarakat juga bisa belajar banyak hal tentang politik.Dengan media sosial masyarakat bisa belajar dan menambah pengetahuan tentang politik. Masyarakat yang mengerti akan politik akan peduli terhadap lingkungan politiknya.

Media sosial dalam dunia politik sangatlah penting karena dengan menggunakan media soaial dalam pemberian dan penerimaan informasi dapat dilakukan dengan cepat apalagi media sosial digunakan oleh semua kalangan baik orang di pedesaan maupun di perkotaan sehingga fungsi kontrol dapat berjalan dengan baik apalagi negara indonesia merupakan negara demokratis.

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial

http://asrudiancenter.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s